Bimbingan Konseling Islam

Fitri Choirunnisa, M.Psi

Ka.Prodi Bimbingan Konseling Islam

Visi
Misi
Tujuan
Sasaran
Akreditasi
Sejarah Program Studi
Visi

Menjadi Program Studi Unggul dalam Ilmu Bimbingan Konseling Islam untuk Menghasilkan Lulusan yang Berintegritas dan Profesional

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pembelajaran dalam Ilmu Bimbingan Konseling Islam dengan menerapkan Paradigma  Teoantropoekosentris berbasis ICT
  2. Melaksanakan pengembangan Penelitian dalam Ilmu Bimbingan Konseling Islam dengan Paradigma Teoantropoekosentris melalui Pendekatan integrasi keilmuan.
  3. Melaksanakan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat yang menginternalisasikan prinsip Bimbingan Konseling Islam dengan berdasarkan nilai-nilai Keislaman, Kemodrenan, Keindonesiaan, dan Kearifan Lokal.
  4. Mengimplementasikan jaringan kerjasama (Networking) dengan Lembaga-Lembaga Pendidikan, Penelitian, Sosial Keagamaan, Sosial Kemasyarakatan, dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders) guna meningkatkan kualitas pengembangan keilmuan Prodi Bimbingan Konseling Islam yang berdaya saing Global

 

Tujuan

  1. Melaksanakan Tata Kelola dan Budaya Mutu Prodi yang Baik secara Efektif, Efesien, Transparan dan Akuntabel Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Menuju Transformasi Global.
  2. Meningkatkan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Prodi Bimbingan Konseling Islam Melalui Manajemen Sumber Daya Manusia yang Saleh, Komunikatif, Moderat, Profesional, Cerdas dan Berintegritas.
  3. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Kerja Sama (Networking) dengan Lembaga-Lembaga Pendidikan, Penelitian, Sosial Keagamaan, Kemasyarakatan dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders) Dalam dan Luar Negeri melalui tindak lanjut kegiatan Dharma Perguruan Tinggi secara berkala.
  4. Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Keislaman, Humaniora, Sosial, dan Alam Berbasis Teoantropoekosentris untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Alumni dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi
  5. Membangun Karakter, Minat, Bakat, Kreatifitas,  dan  Kepemimpinan Mahasiswa yang Berwawasan Keislaman Moderat (Wasatiyah) untuk Memperkuat Moderasi Beragama serta Kerukunan Umat Beragama.
  6. Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan (Enterpreneurship) Mahasiswa dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  7. Menghasilkan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Suasana Akademik dalam ilmu Bimbingan Konseling Islam melalui Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner dan Transdisipliner sehingga Meningkatkan Daya Saing Prodi di tingkat lokal, nasional  dan internasional
  8. Meningkatkan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kebutuhan (Community Based) dengan Nilai-Nilai Keislaman, Kemodernan, Keindonesian, dan Kearifan Lokal untuk Memperkuat Kerukunan Umat Beragama, Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Sasaran

  1. Tercapainya Sistem Manajemen Prodi yang Efektif, Efesien, Transparan dan Akuntabel Melalui Manajemen Sumber Daya Manusia yang Saleh, Moderat, Unggul, Cerdas, dan Berintegritas.
  2. Terjaminnya Mutu Pengelolaan Organisasi dengan Tata Kelola dan Budaya Mutu yang Baik (Good Faculty, Governance and Culture) Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  3. Meningkatnya Rekognisi dan Akreditasi Prodi menjadi Unggul.
  4. Terselenggaranya Pembelajaran Berbasis Teoantropoekosentris untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi Meningkatnya Kualifikasi Akademik, Jabatan Fungsional, dan  Profesionalitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  5. Meningkatnya Keragaman Rumpun/Sub Rumpun Keilmuan dan Keahlian Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
  6. Terwujudnya Kawasan Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.
  7. Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi Secara Terintegrasi untuk Aksesibilitas Pelayanan Akademik  dan Non-Akademik pada tingkat Prodi Bimbingan Konseling Islam.
  8. Mewujudkan Biro Konseling Sebagai Potensi dan Sumber Pendanaan untuk Meningkatkan Pelayanan Manajemen, Administrasi dan Mutu Akademik, Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  9. Terwujudnya Kuantitas dan Kualitas Kerja Sama (Networking) dengan Lembaga-Lembaga Pendidikan, Penelitian, Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan, dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders).
  10. Terwujudnya Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengintegrasikan Keilmuan, Keislaman, Sosial, dengan berbasis Teknologi Informasi.
  11. Meningkatnya Keterampilan Berbahasa Asing Mahasiswa dan Dosen (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) untuk Meningkatkan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  12. Meningkatnya Keterampilan Membaca, Menulis, dan Menghafal Al- Qur’an Mahasiswa Melalui Perkuliahan dan Pembinaan di tingkat Prodi.
  13. Terwujudnya Karakter dan Kepemimpinan Mahasiswa yang Saleh, Komunikatif, Moderat, Cerdas, dan Unggul untuk Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  14. Meningkatnya Minat, Bakat, dan Kreativitas Mahasiswa Berbasis Karakter Islami, Budaya Bangsa, dan Kearifan Lokal.
  15. Terwujudnya Jiwa dan Keterampilan Kewirausahaan (Interpreneurship) Mahasiswa yang Saleh, Mandiri, Kreatif dan Inovatif untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  16. Terselenggaranya Penelitian Bimbingan Konseling Islam dengan Berbasis Teoantropoekosentris dengan Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner untuk Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  17. Terwujudnya Peningkatan Penelitian Kolaboratif Dosen dan Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam hingga tingkat Nasional dan Internasional.Terwujudnya Peningkatan Penelitian Keilmuan Bimbingan Konseling Islam Berbasis Pengabdian Berbasis Penelitian.
  18. Terciptanya berbagai kegiatan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat oleh Prodi Bimbingan Konseling Islam yang Berbasis Kebutuhan (Community Based) dengan menerapkan Nilai-Nilai Keislaman, Kemodernan, Keindonesian, dan Kearifan Lokal sehingga  Memperkuat Kerukunan Umat Beragama, Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Akreditasi

File Pdf Sertifikat BKI ⇓

BKI SERTIFIKAT

Sejarah Program Studi
Tab Content

Profril Lulusan

Guru Bimbingan Konseling

Guru bimbingan dan konseling adalah seorang guru bidang
studi yang telah mendapat pendidikan formal sebagai tenaga
pembimbing, di samping tetap menjadi tenaga pengajar, ia
berkedudukan sebagai tenaga bimbingan yang dibawahi oleh
penyuluh pendidikan dan bertugas memberi pelayanan
bimbingan sejauh tidak bertentangan dengan tugasnya sebagai
tenaga pengajar

Motivator Pengembangan SDM​

Menjadi seorang Motivator adalah salah satu pekerjaan yang sangat diminati banyak orang karena banyak manfaatnya . Seperti yang kita ketahui bersama Motivasi menjadi pendorong karyawan untuk melaksanakan suatu kegiatan secara optimal dan pengembangan karyawan bertujuan meningkatkan kompetensi karyawan sesuai dengan perubahan lingkungan bisnis, sehingga keduanya dapat membantu meningkatkan kinerja karyawan.

Konselor Keluarga

Konseling keluarga adalah penerapan konseling pada situasi yang khusus. Konseling keluarga memfokuskan pada masalah-masalah berhubungan dengan situasi keluarga dan penyelenggaraannya melibatkan anggota keluarga. Konseling keluarga memandang keluarga secara keseluruhan bahwa permasalahan yang dialami seorang anggota keluarga akan efektif diatasi jika melibatkan anggota keluarga yang lain. Konseling keluarga bertujuan membantu anggota keluarga belajar dan memahami bahwa dinamika keluarga merupakan hasil pengaruh hubungan anggota keluarga. Membantu anggota keluarga agar dapat menerima kenyataan bahwa apabila salah seorang anggota keluarga memiliki permasalahan, hal itu akan berpengaruh terhadap persepsi, harapan, dan interaksi anggota keluarga lainnya.Memperjuangkan (dalam konseling), sehingga anggota keluarga dapat tumbuh dan berkembang guna mencapai keseimbangan dan keselarasan. Mengembangkan rasa penghargaan dari seluruh anggota keluarga terhadap anggota keluarga yang lain