Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara  |  0634-22080  |  fdik@uinsyahada.ac.id
×

Cari Sesuatu

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi

Menjadi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Bertaraf Internasional dengan Paradigma Keilmuan Teo-antropo-eko-sentris dalam Membangun Masyarakat yang Saleh, Moderat, dan Cerdas

Misi

1
Menyelenggarakan Pendidikan dan Pembelajaran dalam Ilmu-Ilmu Dakwah, Komunikasi, Sosial, dan Humaniora dengan Paradigma Teoantropoekosentris Berbasis ICT.
2
Melakukan dan mengembangkan Penelitian dalam Ilmu-Ilmu Dakwah, Komunikasi, Sosial , dan Humaniora dengan Paradigma Teoantropoekosentris melalui Pendekatan integrasi keilmuan
3
Melakukan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat dengan menginternalisasikan Nilai-Nilai Keislaman, Kemodrenan, Keindonesian, dan Kearifan Lokal.
4
Melakukan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat dengan menginternalisasikan Nilai-Nilai Keislaman, Kemodrenan, Keindonesian, dan Kearifan Lokal.
5
Mengimplementasikan kerjasama (Networking) dengan Lembaga- Lembaga Pendidikan, Penelitian, Sosial Keagamaan, Sosial Kemasyarakatan, dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders) di Tingkat Regional, Nasional dan Internasional.
6
Melakukan Transformasi Terencana Menuju Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Bertaraf Internasional dalam Membangun Masyarakat yang Saleh, Moderat, dan Cerdas.

Tujuan

  • Menyelenggarakan Tata Kelola dan Budaya Mutu Fakultas yang baik (Good Faculty Governance and Culture) secara Efektif, Efesien, Transparan dan Akuntabel Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Menuju Transformasi Global.
  • Meningkatkan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Melalui Manajemen Sumber Daya Manusia yang Saleh, Komunikatif, Moderat, Profesional, Cerdas dan Berintegritas.
  • Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi Secara Terintegrasi untuk Aksesibilitas Pelayanan Akademik dan Non-akademik menuju Transformasi Global.
  • Meningkatkan Sarana dan Prasarana berbasis Teknologi Informasi untuk Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi berstandar International.
  • Mengoptimalkan Potensi dan Sumber Pendanaan untuk Peningkatan Daya Saing Pendidikan, Pelayanan Administrasi, Mutu Akademik dan kemahasiswaan.
  • Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Kerja Sama (Networking) dengan Lembaga-Lembaga Pendidikan, Penelitian, Sosial Keagamaan, Kemasyarakatan dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders) Dalam dan Luar Negeri.
  • Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Keislaman, Humaniora, Sosial, dan Alam Berbasis Teoantropoekosentris (Al-Ilahiyah Al-Insaniyah Al-Kauniyah) untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi
  • Membangun Karakter, Minat, Bakat, Kreatifitas, dan Kepemimpinan Mahasiswa Berwawasan Keislaman yang Moderat (Wasatiyah) untuk Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  • Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan (Enterpreneurship) Mahasiswa dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  • Menghasilkan Penelitian dalam Rumpun Ilmu Keislaman, Humaniora, Sosial, dan Alam Berbasis Teoantropoekosentris dengan Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner dan Transdisipliner untuk Meningkatkan Daya Saing Pendidikan, Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  • Meningkatkan Publikasi Ilmiah dan Suasana Akademik Dosen dan Mahasiswa pada Taraf Nasional dan Internasional untuk Meningkatkan Daya Saing Pendidikan.
  • Meningkatkan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kebutuhan (Community Based) dengan Nilai-Nilai Keislaman, Kemodernan, Keindonesian, dan Kearifan Lokal untuk Memperkuat Kerukunan Umat Beragama, Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Sasaran

  • Tercapainya Sistem Manajemen yang Efektif, Efesien, Transparan dan Akuntabel Melalui Manajemen Sumber Daya Manusia yang Saleh, Moderat, Unggul, Cerdas, dan Berintegritas.
  • Terjaminnya Mutu Pengelolaan Organisasi dengan Tata Kelola dan Budaya Mutu yang Baik (Good Faculty, Governance and Culture) Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Menuju Fakultas yang Bertaraf Internasional.
  • Optimalnya Layanan dan Aksesibilitas Sistem Administrasi Kepegawaian, Akademik dan Non-akademik secara Terintegrasi.
  • Meningkatnya Rekognisi dan Akreditasi Fakultas.
  • Meningkatnya Kualifikasi Akademik, Jabatan Fungsional, dan Profesionalitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  • Meningkatnya Keragaman Rumpun/Sub Rumpun Keilmuan dan Keahlian Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
  • Terwujudnya Kawasan Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.
  • Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi Secara Terintegrasi untuk Aksesibilitas Pelayanan Akademik dan Non-Akademik.
  • Bertambahnya Program Studi.
  • Meningkatnya Mutu Sarana dan Prasarana untuk Pengembangan Keilmuan dan Pengabdian kepada Masyarakat Berstandar Internasional untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  • Optimalnya Unit-Unit Usaha Alternatif Sebagai Potensi dan Sumber Pendanaan untuk Meningkatkan Pelayanan Manajemen, Administrasi dan Mutu Akademik.
  • Bertambahnya Unit-Unit Bisnis untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  • Terwujudnya Kuantitas dan Kualitas Kerja Sama (Networking) dengan Lembaga-Lembaga Pendidikan, Penelitian, Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan, dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders).
  • Terselenggaranya Pembelajaran Berbasis Teoantropoekosentris (Al- Ilahiyah Al-Insaniyah Al-Kauniyah) untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  • Terwujudnya Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengintegrasikan Keilmuan, Keislaman, Sosial, dengan berbasis Teknologi Informasi.
  • Meningkatnya Keterampilan Berbahasa Asing Mahasiswa dan Dosen (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) untuk Meningkatkan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  • Meningkatnya Keterampilan Membaca, Menulis, dan Menghafal Al- Qur’an Mahasiswa Melalui Perkuliahan dan Pembinaan di Fakultas.
  • Terwujudnya Karakter dan Kepemimpinan Mahasiswa yang Saleh, Komunikatif, Moderat, Cerdas, dan Unggul untuk Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  • Meningkatnya Minat, Bakat, dan Kreativitas Mahasiswa Berbasis Karakter Islami, Budaya Bangsa, dan Kearifan Lokal (Local Wisdom).
  • Terwujudnya Jiwa dan Keterampilan Kewirausahaan (Interpreneurship) Mahasiswa yang Saleh, Mandiri, Kreatif dan Inovatif untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  • Terselenggaranya Penelitian Ilmu-Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Keislaman, Sosial, dan Alam Berbasis Teoantropoekosentris dengan Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner untuk Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  • Terwujudnya Peningkatan Penelitian Kolaboratif Dosen dan Mahasiswa tingkat Nasional dan Internasional.
  • Terwujudnya Peningkatan Penelitian Berbasis Pengabdian dan Pengabdian Berbasis Penelitian.
Last updated on August 13, 2025 by Nanda Purba
Preloader