Pahri Siregar Raih Gelar Doktor dalam Bidang Ilmu Konseling

Padangsidimpuan, 2 September 2024. Pahri Siregar mencatatkan tonggak penting dalam karier akademiknya dengan meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Konseling melalui Ujian Promosi Doktor dalam sidang terbuka yang berlangsung di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Lt 10. pada Hari Kamis, 29 Agustus 2024. Disertasi yang berjudul “Kerangka Kerja Konseling Religius dalam Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasiswa” menunjukkan komitmennya dalam menciptakan pendekatan baru untuk mengatasi tantangan religius di kalangan mahasiswa.

Sidang terbuka ini dihadiri oleh berbagai tokoh akademik dan profesional, dengan dewan penguji yang terdiri dari:

  • Prof. Dr. Juntika, M.Pd sebagai Promotor dan Penguji
  • Prof. Dr. Syamsu Yusuf LN., M.Pd sebagai Promotor dan Penguji
  • Dr. Nandang Budiman, M.Si sebagai Promotor dan Penguji
  • Prof. Dr. Syaiful Akhyar Lubis, M.A sebagai Penguji Eksternal
  • Prof. Dr. Ahman, M.Pd sebagai Penguji Internal

Dalam kesempatan tersebut, Pahri Siregar mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung perjalanan studinya, yaitu:

  • Rektor UPI, Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A.
  • Rektor UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag
  • Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syahada Padangsidimpuan, Dr. Magdalena, M.Ag
  • Civitas Akademika FDIK UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Mahasiswa UIN Syahada Padangsidimpuan yang menjadi objek penelitian selama ini
  • Istri tercinta, orang tua, mertua, dan anak-anak yang selalu memberikan dukungan dan doa dalam penyelesaian studi ini

Pahri memulai perjalanan studinya dengan lulusnya beasiswa MORA Scholarship dari Kementerian Agama pada tahun 2017. Menurut Pahri, gelar doktor ini tidak hanya merupakan pencapaian pribadi tetapi juga langkah penting dalam menyediakan kerangka kerja yang bermanfaat bagi pengembangan moderasi beragama di kalangan mahasiswa.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dekan FDIK UIN Syahada Padangsidimpuan, Dr. Magdalena, M.Ag, yang mengapresiasi kontribusi Pahri terhadap bidang ilmu konseling dan pengembangan moderasi beragama. Alhamdulillah sudah bertambah Doktor di FDIK UIN Syahada Padangsidimpuan terkhusus Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) FDIK UIN Syahada Padangsidimpuan.

Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pasca Sarjana UIN Syahada Padangsidimpuan Dr. Hj. Zulhammi, M.Pd dan didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syahada Padangsidimpuan Dr. Lisyulianti Syafrida, M.Ps.I turut serta menghadiri acara tersebut dan menyampaikan apresiasi terhadap pahri siregar yang sukses meraih gelar doktor tersebut.

Selamat kepada Pahri Siregar atas pencapaian luar biasa ini, dan semoga hasil penelitian serta kontribusinya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat akademik dan perguruan tinggi.