Mahasiswa NIM 22 Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syahada Padangsidimpuan Laksanakan PKM di Yayasan Muslimah Peduli Alam

Padangsidimpuan, 11 Oktober 2024 – Mahasiswa NIM 22 Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syahada Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada tanggal 10 Oktober 2024, kegiatan ini bertujuan untuk pengadaan air bersih melalui sumur bor di Yayasan Muslimah Peduli Alam, Lingkungan IV Kelurahan Sihitang. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka HUT KESAD tahun 2024 yang berlangsung di Griya (Gerakan Mulia) Jalan Jamalayu Lubis.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Muslimah Peduli Alam, Bunda Dr. Juni Wati Sri Rizki, S.Sos., M.A, yang juga merupakan dosen Prodi KPI di UIN Syahada Padangsidimpuan, serta sejumlah pejabat penting, termasuk Bapak Mayor CKM Dokter Rio Heryanto Gunawan, SP.THT-KL, dan Ibu Camat Padangsidimpuan Tenggara Eka Yanti Batubara, S.E yang diwakili oleh Bapak Amir H. Siregar selaku Kasid Pemerintahan. acara ini juga dihadiri oleh Lurah Sihitang Bapak Hendrianto S.Sos, Kepala Lingkungan Bapak Nizamuddin Manurea dan Tokoh Masyarakat yang diwakili oleh Bapak H. Zunain Nasution serta Masyarakat Lingkungan IV Sihitang beserta Mahasiswa/i Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Semester 5.Kehadiran tokoh masyarakat dan warga setempat menambah semarak kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Bunda Dr. Juni Wati menyampaikan sejarah berdirinya Yayasan Muslimah Peduli Alam yang sebelumnya merupakan Yayasan yang mendaur ulang sampah untuk meminimalisir sampah yang berserakan selain itu Yayasan Muslimah Peduli Alam juga bersedekah kantong plastik layak pakai. Namun seiring dengan perkembangan teknologi sekaligus pergantian mahasiswa yang awalnya mahasiswa PMI sekarang beralih ke mahasiswa KPI yang berpotensi dalam bidang Ilmu Komunikasi seperti Podcast dan Studio Photo.

Bapak Amir H. Siregar, selaku Kasid Pemerintahan, juga menyampaikan rasa terima kasih atas pengadaan sumber air bersih ini. Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan sumber air dengan baik dan menjaga kebersihan di sekitar lokasi pengambilan air.

Bapak Mayor CKM Dokter Rio Heryanto selaku Kepala Rumah Sakit TK IV 01.07.03 Padangsidimpuan menambahkan, “Pengadaan Sumber Air Bersih (Sumur Bor) yang akan diserahkan kepada masyarakat sekaligus sebagai pertanda kepada masyarakat bahwasanya Rumah Sakit Angkatan darat tidak hanya diperuntukkan untuk seluruh Anggota Angkatan Darat tetapi masyarakat juga bisa berobat di Rumah Sakit tersebut dan akan dilayani dengan sebaik-baiknya”

Acara Penyerahan Sumber Air Bersih (Sumur Bor) berlangsung dengan lancar tanpa terkendala dengan Pemberian Kunci sebagai tanda serah terima Sumber Air Bersih (Sumber Bor ) Kepada Masyarakat yang langsung diberikan kepada Ketua Yayasan Muslimah Peduli Alam dan Perwakilan dari Tokoh Masyarakat.
Hal Menarik dalam acara Penyerahan Sumber Air Bersih (Sumur Bor) Ketua Yayasan Muslimah Peduli Alam Bunda Dr. Juni Wati Sri Rizki, S.Sos., MA memberikan cenderamata sebuah tikar dari kemasan plastik minyak goreng dan hiasan bunga dari botol lulur sebagai tempat penyimpanan barang –barang kecil kepada Rumah Sakit Angkatan Darat sebagai kenang-kenangan sekaligus tanda terima kasih atas Pengadaan Sumber Air Bersih (Sumur Bor) yang bertempat didepan rumah Yayasan Muslimah Peduli Alam.

Di penghujung acara, kepala Rumah Sakit Angkatan Darat Bapak Dokter Rio Heryanto Gunawan ,SP.THT.KL bersama anggota tentara angkatan darat lainnya tidak lupa mengadakan sesi foto bersama Ketua Yayasan Muslimah Peduli Alam dan masyarakat setempat menandai kesuksesan kegiatan PKM ini. Diharapkan, pengadaan air bersih ini dapat membawa manfaat jangka panjang bagi warga Lingkungan IV Sihitang dan sekitarnya.