Visi Misi, Tujuan dan Sasaran FDIK

VISI :

“Menjadi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Bertaraf Internasional dengan Paradigma Keilmuan Teo-antropo-eko-sentris dalam Membangun Masyarakat yang Saleh, Moderat, dan Cerdas”

MISI:

1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pembelajaran dalam Ilmu-Ilmu Dakwah, Komunikasi, Sosial, dan Humaniora dengan Paradigma  Teoantropoekosentris Berbasis  ICT.

2. Melakukan dan mengembangkan Penelitian dalam Ilmu-Ilmu Dakwah, Komunikasi, Sosial , dan Humaniora dengan Paradigma Teoantropoekosentris melalui Pendekatan integrasi keilmuan.

3. Melakukan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat dengan menginternalisasikan Nilai-Nilai Keislaman, Kemodrenan, Keindonesian, dan Kearifan Lokal.

4. Melakukan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat dengan menginternalisasikan Nilai-Nilai Keislaman, Kemodrenan, Keindonesian, dan Kearifan Lokal.

5. Mengimplementasikan kerjasama (Networking) dengan Lembaga- Lembaga Pendidikan, Penelitian, Sosial Keagamaan, Sosial Kemasyarakatan, dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders) di Tingkat Regional, Nasional dan Internasional.

6. Melakukan Transformasi Terencana Menuju Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Bertaraf Internasional dalam Membangun Masyarakat yang Saleh, Moderat, dan Cerdas.

TUJUAN:

  1. Menyelenggarakan Tata Kelola dan Budaya Mutu Fakultas yang Baik (Good Faculty Governance and Culture) secara Efektif, Efesien, Transparan dan Akuntabel Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Menuju Transformasi Global.
  2. Meningkatkan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Melalui Manajemen Sumber Daya Manusia yang Saleh, Komunikatif, Moderat, Profesional, Cerdas dan Berintegritas.
  3. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi Secara Terintegrasi untuk Aksesibilitas Pelayanan Akademik dan Non-akademik menuju Transformasi Global.
  4. Meningkatkan Sarana dan Prasarana berbasis Teknologi Informasi untuk Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi berstandar International.
  5. Mengoptimalkan Potensi dan Sumber Pendanaan untuk Peningkatan Daya Saing Pendidikan, Pelayanan Administrasi, Mutu  Akademik dan kemahasiswaan.
  6. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Kerja Sama (Networking) dengan Lembaga-Lembaga Pendidikan, Penelitian, Sosial Keagamaan, Kemasyarakatan dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders) Dalam dan Luar Negeri.
  7. Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Keislaman, Humaniora, Sosial, dan Alam Berbasis Teoantropoekosentris (Al-Ilahiyah Al-Insaniyah Al-Kauniyah) untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi
  8. Membangun  Karakter, Minat, Bakat, Kreatifitas,  dan  Kepemimpinan Mahasiswa Berwawasan Keislaman yang Moderat (Wasatiyah) untuk Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  9. Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan (Enterpreneurship) Mahasiswa dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  10. Menghasilkan Penelitian dalam Rumpun Ilmu Keislaman, Humaniora, Sosial, dan Alam Berbasis Teoantropoekosentris dengan Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner dan Transdisipliner untuk Meningkatkan Daya Saing Pendidikan, Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  11. Meningkatkan Publikasi Ilmiah dan Suasana Akademik Dosen dan Mahasiswa pada Taraf Nasional dan Internasional untuk Meningkatkan Daya Saing Pendidikan.
  12. Meningkatkan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kebutuhan (Community Based) dengan Nilai-Nilai Keislaman, Kemodernan, Keindonesian, dan Kearifan Lokal untuk Memperkuat Kerukunan Umat Beragama, Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

SASARAN:

  1. Tercapainya Sistem Manajemen yang Efektif, Efesien, Transparan dan Akuntabel  Melalui Manajemen Sumber Daya Manusia yang Saleh,  Moderat, Unggul, Cerdas, dan Berintegritas.
  2. Terjaminnya Mutu Pengelolaan Organisasi dengan Tata Kelola dan Budaya Mutu yang Baik (Good Faculty, Governance and Culture) Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Menuju Fakultas yang Bertaraf Internasional.
  3. Optimalnya Layanan dan Aksesibilitas Sistem Administrasi Kepegawaian, Akademik dan Non-akademik secara Terintegrasi.
  4. Meningkatnya Rekognisi dan Akreditasi Fakultas.
  5. Meningkatnya Kualifikasi Akademik, Jabatan Fungsional, dan  Profesionalitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  6. Meningkatnya Keragaman Rumpun/Sub Rumpun Keilmuan dan Keahlian Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
  7. Terwujudnya Kawasan Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.
  8. Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi Secara Terintegrasi untuk Aksesibilitas Pelayanan Akademik  dan Non-Akademik.
  9. Bertambahnya Program Studi.
  10. Meningkatnya Mutu Sarana dan Prasarana untuk Pengembangan Keilmuan dan Pengabdian kepada Masyarakat Berstandar Internasional untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  11. Optimalnya Unit-Unit Usaha Alternatif Sebagai Potensi dan Sumber Pendanaan untuk Meningkatkan Pelayanan Manajemen, Administrasi dan Mutu Akademik.
  12. Bertambahnya Unit-Unit Bisnis untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  13. Terwujudnya Kuantitas dan Kualitas Kerja Sama (Networking) dengan Lembaga-Lembaga Pendidikan, Penelitian, Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan, dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders).
  14. Terselenggaranya Pembelajaran Berbasis Teoantropoekosentris (Al- Ilahiyah Al-Insaniyah Al-Kauniyah) untuk Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  15. Terwujudnya Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengintegrasikan Keilmuan, Keislaman, Sosial, dengan berbasis Teknologi Informasi.
  16. Meningkatnya Keterampilan Berbahasa Asing Mahasiswa dan Dosen (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) untuk Meningkatkan Daya Saing Pendidikan dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  17. Meningkatnya Keterampilan Membaca, Menulis, dan Menghafal Al- Qur’an Mahasiswa Melalui Perkuliahan dan Pembinaan di Fakultas.
  18. Terwujudnya Karakter dan Kepemimpinan Mahasiswa yang Saleh, Komunikatif, Moderat, Cerdas, dan Unggul untuk Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  19. Meningkatnya Minat, Bakat, dan Kreativitas Mahasiswa Berbasis Karakter Islami, Budaya Bangsa, dan Kearifan Lokal (Local Wisdom).
  20. Terwujudnya Jiwa dan Keterampilan Kewirausahaan (Interpreneurship) Mahasiswa yang Saleh, Mandiri, Kreatif dan Inovatif untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Menyahuti Dinamika Globalisasi.
  21. Terselenggaranya Penelitian Ilmu-Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Keislaman, Sosial, dan Alam Berbasis Teoantropoekosentris dengan Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner untuk Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama.
  22. Terwujudnya Peningkatan Penelitian Kolaboratif Dosen dan Mahasiswa  tingkat Nasional dan Internasional.
  23. Terwujudnya Peningkatan Penelitian Berbasis Pengabdian dan Pengabdian Berbasis Penelitian.